E-Marketing Pada Petani Monja (Lemon Jahe) di Masa New Normal di Desa Saentis

  • Ardhansyah Putra Harahap UMN Al Washliyah Medan
  • Dwi Saraswati Universitas Pembangunan Pancabudi

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu menyelesaikan permasalahan prioritas mitra sehingga mitra mampu menjadi wirausaha mandiri yang berbasis IPTEK serta mengarah pada ekonomi kreatif dan produktif dalam mengembangkan hasil pasca panen buah lemon dan jahe. Permasalahan prioritas yang mitra alami yaitu  pada aspek manajemen usaha diantaranya: a) mitra belum memiliki pengetahuan strategi promosi dalam memasarkan hasil olahan sari lemon dan jahe, b). mitra perlu pengembangan pengetahuan terkait segmentasi pasar. Adapun manfaat dari kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat berwirausaha bagi petani dan ibu PKK melalui pemasaran produk pertanian berbasis online ( e – marketing). Kegiatan ini mengakibatkan peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan peningkatan pendapatan masyarakat serta dapat menciptakan peluang usaha baru bagi mitra sehingga terciptanya kelompok petani mandiri secara ekonomi dan mengarah ke ekonomi produktif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut: (1) Focus Group Discussion (FGD) untuk tahap evaluasi awal untuk mengetahui potensi peserta dalam pemasaran produk pertanian (2) Metode ceramah untuk program E- marketing hasil pertanian; (3) Metode demonstrasi untuk tahap pelatihan E- marketing.

Kata Kunci : Peningkatan pendapatan, petani, e-marketing

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. 2020. Sumatera Utara Dalam Angka .BPS Provinsi Sumatera Utara: CVRilis Grafika.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang. 2018. Kecamatan Percut Sei Tuan Dalam Angka. BPS Kabupaten Deli Serdang: CV Rilis Grafika.
Published
2021-03-01
How to Cite
Harahap, A. P., & Saraswati, D. (2021). E-Marketing Pada Petani Monja (Lemon Jahe) di Masa New Normal di Desa Saentis. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(2), 259-264. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i2.187
Abstract viewed = 30 times
PDF downloaded = 35 times