Pelatihan dan Bimbingan Budidaya Ternak Lele Dalam Ember di Tengah Ibu Kota Jakarta

  • Intan Tri Annisa Universitas YARSI
  • Lily Deviastri Universitas YARSI
  • M. Refki Novesar Universitas YARSI

Abstract

Tujuan pelatihan budidaya dalam ember ini adalah untuk meningkatkan ekonomi dari warga kelurahan Kuningan Timur, Arya Kemuning, serta pemanfaatan lahan sekitar yang terbatas. Metode yang digunakan adalah melakukan pendekatan ke perangkat kelurahan dan RW untuk mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan masalah sosial di daerah tersebut. Setelah mengidentifikasi masalah, tim melakukan persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan, kemudian memberikan pelatihan secara daring kepada warga. Pelatihan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan praktek tentang pembudidayaan lele dalam ember hingga pemasarannya. Hasil yang dicapai adalah meningkatnya pengetahuan tentang cara pembudidayaan lele ini.

Kata kunci: pembudidayaan ikan lele, desa wisata, ekonomi.

References

Febri SP, Alham F, Afriani A. (2019). Pelatihan Budikdamber (Budidaya Ikan dalam Ember) di Desa Terban Kecamatan Karang Baru Kbaupaten Aceh Tamiang. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 3(1): 112-117.
Inskeep, E. (1991). Tourism Planning, and Integrated and Sustainable Development Approach. New York: Van Nostrand Reinhold.
Kementerian Pariwisata. (2016). Rencana Strategis Sekretariat Kementerian Pariwisata. Jakarta, Kementerian Pariwista.
Nuryanti, W. (1999). Heritage, Tourism and Local Communities. Yogyakarta: UGM Press.
Sastrayuda, G. S. (2010). Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
2021-02-18
How to Cite
Tri Annisa, I., Deviastri, L., & Novesar, M. R. (2021). Pelatihan dan Bimbingan Budidaya Ternak Lele Dalam Ember di Tengah Ibu Kota Jakarta. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(2), 200-205. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i2.190
Abstract viewed = 36 times
PDF downloaded = 40 times