Penggunaan Aplikasi Dekat.Net Guna Meningkatkan Kualitas Dosen dan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi

  • Sri Mardiyati Universitas Indraprasta PGRI
  • Lusi Ariyani Universitas Indraprasta PGRI
  • Rahmatullah Universitas Indraprasta PGRI
  • Firdaus Budhy Saputro Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Berdasarkan survei yang dilakukan dan di teliti oleh para tim pengabdian kepada masyarakat , adanya temuan kendala dalam penggunaan platform yang sudah ada sebelumnya. Seperti zoom , google meet , live streaming dan lain sebagainya yang sangat menguras kuota dan adanya batasan waktu dalam penggunaan nya saat login. Seperti pada penggunaan aplikasi zoom terdapat batasan waktu dan peserta. Jika tidak memperbaharui aplikasi zoom , maka ruang lingkup peserta yang masuk menggunakan aplikasi zoom tersebut sangat terbatas. Akibat nya para guru maupun dosen sebagai tenaga pengajar ini mengalami keluhan – keluhan ketika melakukan proses mengajar. Bukan itu saja siswa maupun mahasiswa juga berdampak hal yang sama.  Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar para guru maupun dosen sebagai tenaga pengajar tahu bahwa ada platform yang lebih mudah digunakan ketimbang plafform - platform yang lain, yang mungkin sudah ada di pakai sebelumnya. Luaran jangka panjang adalah diharapkan plaftrom dekat.net ini dapat dikenal luas oleh para guru maupun dosen sebagai tenaga pengajar yang ada di seluruh Indonesia. Dalam hal ini untuk mencapai target yang di inginkan , maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini di lakukan dalam beberapa tahap , yaitu sebagai berikut : 1) perkenalan para guru maupun dosen sebagai tenaga pengajar , 2) Pemaparan materi tentang platform dekat.net berupa power point yang di tampilkan dengan bantuan projektor , 3) Pelatihan cara mendownload plaftrom di play store, app store maupun membuka dari website dengan cara mengetikkan URL : detik.net , 4) Pendampingan platform dekat.net ini dilakukan bertahap yaitu selama dua hari, 5) dilakukan evaluasi secara keseluruhan yang dilakukan selama webinar berlangsung.

Kata Kunci : Platform, dekat.net, pembelajaran jarak jauh, pelatihan, teknologi informasi dan komunikasi

References

Azra, A.(2000). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Cet. II. Jakarta: Logos

Jaelani, A., dkk. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka Dan Observasi Online). Jurnal IKA, 8(1).

Putera. (2020). Pengertian Aplikasi: Fungsi, Sejarah, Klasifikasi, Jenis & Contoh Aplikasi.

Published
2021-04-20
How to Cite
Mardiyati, S., Ariyani, L., Rahmatullah, & Saputro, F. B. (2021). Penggunaan Aplikasi Dekat.Net Guna Meningkatkan Kualitas Dosen dan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(2), 280-284. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i2.216
Abstract viewed = 44 times
PDF downloaded = 17 times