Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2021)

Authors

  • Faizal Yusuf Afrizal Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v5i1.4237

Keywords:

Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage

Abstract

Corporate Social Responsbility dianggap sebagai inti dari etika bisnis, ini berarti bahwa korporasi tidak hanya mempunyai kewajiban-kewajiban ekonomi dan legal namun juga kewajiban-kewajiban terhadap pihak lain yang berkepentingan (stakeholder) yang jangkauannya melebihi kewajiban-kewajiban ekonomi dan legal. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Sampel penelitian ini perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021, dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling, sampel  yang dipergunakan pada penelitian ini berjumlah 135. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa Ukuran Perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR sedangkan Ukuran Dewan Komisaris dan Leverage berpengaruh negatif terhadap  pengungkapan CSR.

References

Cowen, S., Ferreri, L. and Parker, L. (1987). The Impact of Corporate Characteristics on Social Responsibility Disclosure: A Typology and Frequency-Based Analysis. Accounting, Organizations and Society, 12, 111–122.

Freeman, R. . (1994). The Politics of Stakeholder Theory. Business Ethics Quarterly, 4, 409–421.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Nuryana, Mu’man, 2005, Corporate Social responsibility dan Kontribusi bagi Pembangunan Berkelanjutan, makalah yang disampaikan pada diklat pekerjaan sosial industri, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan sosial (BBPPKS), Lembang, Bandung

Putri, N. W. K. A., & Merkusiwati, N. K. L. (2014). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Likuiditas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Pada Financial Distress. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 7(1), 93–106.

Puspitasari, A. D. (n.d.). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social responsibility Pada Laporan Tahunan Perusahaan Di Indonesia. Skripsi Program S1 Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro Semarang, Dipublikasikan.

Ratnasari, Y. d. (n.d.). “Pengaruh Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Socia responsibility di dalam Sustainability report"l . Bandung, Universitas Diponegoro.

Retnoh, R, D, M, dan Priantinah, Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Universitas Negeri Yogyakarta.

Sembiring, E, R, (2005), Karakteritik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta).Universitas Khatolik St. Thomas Sumatera Utara. Simposium Nasional Akuntansi. Sitepu, C. A. (n.d.). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial Dalam Laporan Tahunan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Sumatera, Fakultas Ekonom, Universitas Sumatera Utara.

Susanto (2018) D, Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan BPR Jawa Tengah. Universitas Diponegoro.

Wijaya, M, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung:

ALFABETA.

Suparnyo, 2010, Corporate Social ResponsibilityTeory dan Prktek, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Yusuf Wibisono, 2007, Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility), PT Gramedia, Jakarta.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Afrizal, F. Y. (2024). Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2021). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(1), 1034–1043. https://doi.org/10.37385/msej.v5i1.4237