Pengaruh Debt to Assets Ratio, Return Of Equity, Earning Per Share, Inflasi, Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia Pada Periode 2016-2019

Authors

  • Rebeka Paulina Simanjuntak Universitas Prima Indonesia
  • Stefani Lorentina Uli Hutabarat Universitas Prima Indonesia
  • Nikita Atania Br S. Milala Universitas Prima Indonesia
  • Kevin Purba Universitas Prima Indonesia
  • Fuji Astuty Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.591

Keywords:

Debt to Equity Ratio, Return on Equity, Earning Per Share, Inflasi, Harga Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh Debt to Assets Rati, Return On Equity, Earning Per Share dan Inflasi terhadap Harga Saham Populasi penelitian ini adalah 86 perusahaan Industry Bahan Dasar dan Kimia dan hanya 29 perusahaan yang memnenuhi kriteria dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Debt to Assets Ratio, Return On Equity, Earning Per Share dan Inflasi berpengaruh dan signifikan terhadap Harga Saham. Secara parsial hanya Debt to Assets Ratio dan Earning Per Share yang berpengaruh dan signifikan terhadap Harga Saham. sedangkan, Return On Equity dan Inflasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Harga Saham. Nilai Koefisien Determinasi (R2) nilai R Square sebesar 0,129 dengan tingkat 12,9 persen. Jadi, pengaruh Debt to Assets Ratio, Return On Equity, Earning Per Share dan Inflasi terhadap Harga Saham sebesar 12,9 persen. Sisanya 87,9 persen di pengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Debt to Assets Ratio, Return On Equity, Earning Per Share,Inflasi dan Harga Saham

References

Amin, A. N., Idris, H., & Rijal, A. (2018). Pengaruh Debt To Asset Ratio (DAR) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Foot And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Azis, Musdalifah, dkk. (2015). Manajemen Investasi: Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor dan Return Saham. Yogyakarta: Deepublish.

Eduardus Tandelilin., (2014), Pasar Modal Manajemen Portofolio & Investasi, Depok: PT.Kanisius.

Fahmi, Irham. (2014). Analisa Kinerja Keuangan. Bandung : Alfabeta

Hasanah, A. N., & Ainni, S. N. (2019). Pengaruh Return on Equity (Roe), Earning Per Share (Eps), dan Debt to Equity Ratio (Der) Terhadap Harga Saham JII Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 3(1), 139-158.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ponggohong, J. O. (2016). Pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham (Studi pada perusahaan ritel yang terdaftar di BEI tahun 2010-2013). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1).

Sebo, S. S., & Nafi, M. (2021). Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar, Suku Bunga, Dan Volume Transaksi Terhadap Harga Saham Perusahaan Pada Kondisi Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Perpajakan, 6(2), 113-126.

Silalahi, E., & Manik, E. S. (2019). Pengaruh Dividend Payout Ratio, Debt Ratio dan Return on Asset terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 49-70.

Tantra Riana, I. K., Dewi, S., & Kt, S. (2015). Peran EPS Dalam Memediasi Pengaruh ROE Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan Di BEI (Doctoral dissertation, Udayana University).

Yolanda, S. (2017). Pengaruh Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Bank Panin Syariah Indonesia.[Skripsi] (Doctoral dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG).

Downloads

Published

2022-06-17

How to Cite

Simanjuntak, R. P. ., Hutabarat, S. L. U. ., Milala, N. A. B. S. ., Purba, K., & Astuty, F. (2022). Pengaruh Debt to Assets Ratio, Return Of Equity, Earning Per Share, Inflasi, Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia Pada Periode 2016-2019. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1064–1079. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.591