Pengaruh Disiplin Dan Semangat Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. PLN UPT Cabang Pekanbaru

Authors

  • Arie Yusnelly Universitas Islam Riau
  • Roza Linda UIN Suska Riau
  • Nanda Suryadi UIN Suska Riau
  • Ratna Nurani UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.886

Keywords:

Disiplin,  Semangat Kerja, Prestasi Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin dan semangat kerja terhadapprestasi kerja karyawan pada PT. PLN UPT Cabang Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhkaryawan pada PT PLN UPT Cabang Pekanbaru yang berjumlah 49 orang dengan sampel sebanyak 49responden. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, metode pengumpulan data menggunakankuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan dibantu SPSS 23for windows. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikanterhadap prestasi kerja karyawan. Semangat kerja secara parsial juga menunjukkan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi . Berdasarkan hasil analis data secara simultan disiplin dan semangat kerja  secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. Rekomendasiyang diberikan dalam penelitian ini adalah supaya karyawan lebih disiplin dalam menggunakan fasilitas kerjadan mempererat hubungan kerja sesama karyawan sehingga semangat kerja karyawan semakin tinggi.

Kata Kunci : Disiplin,  Semangat Kerja, Prestasi Kerja

References

Alexander Chandra, Daniel. Roy Setiawan. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan PT. Diantri. e-Jurnal AGORO. 6(1).

Annisa, Noor. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai Di antor Kelurahan Air Putih Samarinda. e-Jurnal Administrasi Negara. 6(5).

Hasibuan, Malayu S.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia: Dasar Kunci Keberhasilan, Haji Masagung Jakarta.:

Indarti Sri, Susi Hendriani. (2009). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Semnagat Kerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Provinsi Riau. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Jufri, dkk. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin erja Terhadap Semangat Kerja Pegawai Dinas Kesehatan. Journal EMA. 5(1) Juni.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Aplikasi). Edisi 1. Cetakan 1. Jakarta :

Mangkunegara. A.Prabu. (2010). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. PT. Rifeka Aditama, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Manihuruk, Candra Pranata (2020). Pengaruh Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2) September, e-ISSN 2623-2634

Mursalin. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Semangat Kerja Pegawai Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika. 16(2).Juli.

Nitisemito, Alex S. (2010). Manajemen Personalia Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Pasaribu, Panca Dharma. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada CV. Jaya Karya Pekanbaru. JOM FISIP.4(1)-Februari.

Rivai Veithzal & Ella J S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik, Cetakan Ke-4, Jakarta : Rajawali Pers,.

Sedarmayanti, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negri Sipil. Bandung : PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Sujarweni, Wiratna. (2014). SPSS Untuk Penelitian, Yogyakarta : Baru Press,

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : CV. Mandar Maju

Sulistiyono, Eko, dkk. (2016). Pengaruh Pendidikan, Kemampuan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Harian Lepas di PT Temprina Media Grafika Semarang. Journal Of Management. 2(2) Maret.

Tanjung Rusli. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekanbaru : UR Press Pekanbaru.

Wirawan. 2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian, Jakarta : Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Yusnelly, A., Linda, R. ., Suryadi, N. ., & Nurani, R. (2022). Pengaruh Disiplin Dan Semangat Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. PLN UPT Cabang Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1264–1272. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.886