Supporting Pencegahan Kekerasan Seksual di Desa Duren Jaya dan Perum Antariksa Permai

Authors

  • Firdaus Wijayanto Universitas Islam 45
  • Hafizh Maulana Akmal Universitas Islam 45
  • Rinda Pangestuti Universitas Islam 45

DOI:

https://doi.org/10.37385/ceej.v3i2.446

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Supporting Pencegahan Kekerasan Seksual

Abstract

Kejahatan kekerasan seksual yang tidak surut oleh perkembangan jaman, kemajuan teknologi, dan kemajuan pola pikir manusia, menjadi salah satu kejahatan yang sangat meresahkan. Di Indonesia kasus kekerasan seksual setiap tahun    mengalami    peningkatan,    korbannya    bukan    hanya    dari    kalangan    dewasa    saja    sekarang  sudah  merambah  ke  remaja,  anak-anak   bahkan   balita. Pada kesempatan ini penulis ingin mengabdikan diri pada masyarakat melalui program “Supporting Pencegahan Kekerasan Seksual”. Pelaksanaan kegiatan program pengabdian dilaksanakan di Perum Antariksa Permai RT 002 RW 020 Desa Bojong Nangka, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor dan di Desa Duren Jaya RT 04/03, Kabupaten Bekasi. Metode ini dipaparkan secara online kepada masyarakat melalui WAG (WhatsApp Grup). Setelah dilaksanakan program PENGABDIAN baik dari kegiatan petama, kedua, hingga ketiga masyarakat khususnya anak-anak dan remaja bisa memahami jenis-jenis kekerasan seksual dan cara mencegahnya apa bila terjadi kepada mereka atau di lingkungan sekitar, kemudian diharapkan orang tua dan warga juga turut andil dalam menjaga lingkungan masyarakat yang aman bagi anak-anak dan remaja agar terhindar dari kekerasan seksual. Kekerasan seksual merupakan kasus yang tidak memandang gender dan usia, baik itu perempuan maupun laki-laki dan juga bagi orang dewasa maupun anak-anak, maka dari itu pendidikan seks untuk anak seharusnya tidak ditunda, kita perlu memberikan pemahaman sejak dini sehingga anak-anak dan remaja memiliki pengetahuan tentang hal-hal apa yang perlu dia persiapkan bagi dirinya, termasuk risiko-risiko yang akan diterima ketika mengalami masalah kekerasan seksual     

Kata Kunci: Pengabdian Masyarakat, Supporting Pencegahan Kekerasan Seksual

References

Mafaza, M., Anggreiny, N., Sarry, S. M., & Rachmad, A. (2022). Perasaan kompeten sebagai orang tua: Pengalaman ibu dari remaja pelaku kekerasan seksual. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 10(1), 68-78.

Noviani, arifah dll. (2018). Mengatasi dan Mencegah Tindak Kekerasan Seksual pada Perempuan dengan Pelatihan Asertif. Jurnal Penelitian & PPM, 5(1): 1-110

Ningrum, D. (2015). Kemerosotan moral di kalangan remaja: Sebuah penelitian mengenai parenting styles dan pengajaran adab. Unisia, 37(82), 18-30.

Novira, Ivo, (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya. Sosio Informa, 1(1).

Probosiwi, R., & Bahransyaf, D. (2015). Pedofilia dan kekerasan seksual: Masalah dan perlindungan terhadap anak. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 1(1).

Rahmat, S. T. (2018). Pola asuh yang efektif untuk mendidik anak di era digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143-161.

Sawitri, M. G. K., & Paramastri, I. (2021). Validasi Modul “Misi” untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Komunikasi Kesehatan Reproduksi pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 7(1), 86-100.

Sakti, Muhammad Yoga. (2019). Buku Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (PENGABDIAN): Program Studi Kewirausahaan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.

Septyana, Vanny (2018) Indonesia darurat pelecehan seksual: Penegakan Hukum Kasus Kepala Sekolah Lakukan Pelecehan Terhadap 12 Orang Muridnya. Academia.edu https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-pengaduan-anak-2016-2020

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Wijayanto, F., Akmal, H. M., & Pangestuti, R. (2022). Supporting Pencegahan Kekerasan Seksual di Desa Duren Jaya dan Perum Antariksa Permai. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(2), 141–146. https://doi.org/10.37385/ceej.v3i2.446