Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Keuangan dan Pencatatan Persediaan pada Nagata Motor

Authors

  • Tina Novianti Sitanggang Universitas Prima Indonesia
  • Annisa Nauli Sinaga Universitas Prima Indonesia
  • Riadi Riadi Universitas Prima Indonesia
  • Hotma Mentalita Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37385/ceej.v3i1.557

Keywords:

Pelatihan, Laporan Keuangan, Pendampingan, Persediaan, Nagata Moto

Abstract

Bengkel Nagata Motor yang berada di Jalan Setia Budi Ujung No 08 Medan Tuntungan merupakan usaha keluarga. Selama ini pencatatan pembukuan keuangan masih dilakukan secara manual dengan membuat catatan transaksi keuangan masuk dan keluar di buku pembukuan. Persediaan merupakan aset yang tersedia untuk dijual dalam kegiatan usaha normal.Demikian juga mengenai pencatatan persediaan alat alat bengkel masih dilakukan secara manual sehingga sering terjadi masalah ketidak tersediaan sparepart dikarenakan sistem pencatatan persediaan masih secara konvensional yang mengakibatkan tidak adanya pencatatan yang transparann terkait barang apa saja yang terjual dan berapa jumlah yang terjual. Meskipun demikian bengkel ini memiliki pelanggan setia dan jumlah omset pendapatan yang cukup baik dari tahun ke tahun karena mayoritas pelanggan adalah kenalan dan kualitas pekerjaan yang baik. Omset pendapatan perhari Nagata Motor ini rata rata 1 – 2 juta perhari dan memiliki 6 orang karyawan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan dan menguatkan pengelolaan keuangan dan persediaan melalui pelatihan dan pendampingan. Metode pelaksanaan pengabdian berupa pelatihan dan pendampingan  tentang pencatatan pembukuan keuangan  dan pencatatan persediaan yang lebih baik dengan menggunakan Microsoft Excel dan memenuhi standar akuntansi sederhana. Hasil pelaksanaan kegiatan ini mitra dapat melakukan pencatatan pembukuan keuangan  dan persediaan menggunakan Microsoft excel .

Keywords: Pelatihan, Laporan Keuangan, Pendampingan, Persediaan, Nagata Motor

References

Dzikrulloh. (2018). Optimalisasi Bisnis Pondok Pesantren dengan Elektronisasi Sistem Pembayaran Studi kasus Pesantren Nurul Amanah Bangkalan Madura. Wacana Equilibrium : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi, 6(2).

Madcoms. (2015). Merancang dan mengelola website. Penerbit : Andi. Yogyakarta : p:6

Munawir. N., Jafar. B., Aditya H. P. K. (2019). Kegiatan E-Marketing sebagai bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar, Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, http://journal.lldikti9.id/ CER/index. 1(1), April 2019. Pp: 01-08

Priharta, A, Setiyaningsih, T.A, Rahayu, D.P. 2018. Pengantar Akuntansi Berbasis PSAK Terbaru. In Media: Jakarta.

Purwanto, A., Maricar, M. A., Sukerti, N. K., & Nugroho, A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Pembukuan Keuangan dan Pembuatan Website Bengkel Waras Motor Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 13-17.

Sasongko, C., Setyaningrum, A., Fabriana, A., Hanum, A.N., Pratiwi, A.D., Zuryati, V. (2016). Akuntansi Suatu Pengantar Berbasis PSAK. Buku 1. Salemba Empat : Jakarta.

Suharti. dan Fong. (2018). Analisis Akuntansi Persediaan Barang Dagang pada Toko Cerose Home Pekanbaru. Bilancia. 2(2).

Widjajanti, K., Widyaevan, D. A., & Sugiyanto, E. K. (2019). Peningkatan Manajemen Usaha Dan Model Desain Kerajinan Bubut Kayu Di Blora. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Warongan, M. S. J., Ilat, V., & Gerungai, N. (2018). Analisis Rasio Arus Kas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(02).

Yuli. Y. (2018). 40 Manfaat Internet Dalam Berbagai Bidang, https:// manfaat.co.id/40-manfaat-internet-da lam-berbagai-bidang, 13 Mei 2019.

Downloads

Published

2022-05-19

How to Cite

Sitanggang, T. N., Sinaga, A. N., Riadi, R., & Mentalita, H. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Keuangan dan Pencatatan Persediaan pada Nagata Motor. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(1), 110–115. https://doi.org/10.37385/ceej.v3i1.557